Tips Memulai Usaha Bengkel Motor Agar Sukses

Bengkel motor adalah sebuah usaha yang melakukan perbaikan sepeda motor yang rusak agar dapat berjalan kembali seperti biasa sesuai dengan kendala atau kerusakan yang terjadi pada motor tersebut. Hingga saat ini bengkel motor menjadi incaran para pengguna motor untuk memperbaiki motornya yang rusak. Untuk memperbaiki motor yang rusak biasanya pemilik bengkel mempekerjakan montir yang telah berpengalaman dan mahir dalam masalah motor. Pada umumnya bengkel motor bisa kita jumpai di jalan lintas yang ramai, namun pada era yang serba modrn seperti sekarang ini kita tidak lagi susah mencari bengkel motor karena bengkel motor telah banyak kita jumpai di mana saja bahkan di pedesaan sekalipun telah banyak bengkel motor.

Hingga saat ni bengkel motor masih menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan karena biasanya dalam membangun usaha bengkel kita tidak hanya menjual jasa perbaikan saja, sering kita temui bengkel motor juga menyediakan sparepart dan onderdil motor jadi ketika sparepart dan onderdil motor ada kerusakan bisa langsung diganti atau diperbaiki di bengkel tersebut tidak perlu mencari atau membelinya ditoko lain. Biasanya, bengkel motor menyediakan sparepart dan onderdil motor dengan berbagai macam jenis ada yang original dan ada pula yang Kw.

Dalam usaha bengkel motor ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendirikan bengkel motor antara lain:

1. lahan untuk tempat membuat bengkel motor
dalam pemilihan tempat tidak perlu lahan yang terlalu luas untuk membangun bangunan bengkel motor tersebut. Namun ada hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan tempat yang strategis dan setidaknya area yang sering dilalui oleh pengendara bermotor.

2. Kompetitor atau persaingan
untuk membangun sebuah usaha tentulah harus mengetahui kompetitor atau pesaing seperti kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa banyak pesaing yang telah membuka usaha seperti bengkel motor di daerah atau lokasi tersebut itulah yang menjadi tolak ukur kita dalam berbisnis atau membangun sebuah usaha. Sebagai pemilik atau investor kita harus mampu menarik atau memikat pelanggan agar tertarik pada usaha yang kita bangun.

3. Teknisi atau pegawai bengkel
dalam membangun sebuah bengkel kita harus mengetahui dan mencari teknisi dan pegawai yang akan bekerja pada bengkel motor yang kita miliki serta mempertimbangkan kualitas teknisi dan pekerja seperti keramahan, kerapihan, kebersihan dan dapat memanajemen keuangan dengan baik serta dapat memberikan kepuasan tersendiri terhadap pelanggan atau konsumen.

4. Peralatan dan perlengkapan
hal yang harus dapat diperhatikan dalam pembuatan bengkel motor adalah peralatan dan perlengkapan kita harus menyediakan peralatan dan perlengkapan yang memadai sesuai dengan kendala yang terjadi pada motor yang rusak dan berkualitas untuk menghemat biaya atas mesin bengkel yang rusak.

5. Manajemen bengkel
hal ini sangatlah penting bagi anda yang sedang merencanakan pembangunan bengkel yang dimaksudkan manajemen bengkel disini adalah tentang bagaimana cara anda mengatur pelayanan terhadap pelanggan dan memberikan pelyanan terhadap pelanggan, selain itu pengaturan administrasi keuangan juga harus diperhatikan dalam manajemen perbengkelan tentang menentukan tarif atau harga pelayanan jasa perbaikan, harga barang atau produk yang disediakan di bengkel, dan sistem gaji untuk para pekerja atau teknisi.

Baca Juga: Tips Usaha Jual Beli Motor Bekas

Itulah hal hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bengkel motor yang harus anda ketahui semoga dapat bermanfaat dan menjadi bahaan pertimbangan ketika anda ingin membuka usaha bengkel motor.

Jika ada kendala pada motor anda segeralah perbaiki pada bengkel motor terdekat jangan sampai dibiarkan terlalu lama karena dapat menambah kerusakan pada bagian yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *